Menu Close

Cara Merawat Pagar Besi Tempa Agar Tak Gampang Berkarat

Pagar Klasik Besi Tempa

 Pagar pada sebuah rumah semakin dirasakan pentingnya dijaman ini. Dengannya rumah kita terlindung dari hal-hal yang tidak kita inginkan dari luar sana. Baik dari bahaya pencurian atau gangguan lainnya. Pagar juga dapat membuat penghuni rumah merasa aman, terutama bagi yang memiliki kendaraan, pagar akan menjadi penjaga yang kuat. Namun begitu tidak selamanya pagar rumah kita kuat, kalau kita tidak merawatnya.

Karena keberadaannya yang di luar rumah membuat pagar cepat kotor, korosi dan juga kusam. Berbahan besi, alumunium, dan jenis logam membuat pagar mudah terkena oksidasi. Air, matahari, dan polusi lain membuat pagar kita menjadi rentan rusak. Nah berikut ini adalah cara menghilangkan karat pada pagar rumah kita.

Ketahui penyebab karat

Sebelum kita mengetahui cara menghilangkan karat pada pagar, baiknya kita ketahui  lebih dahulu penyebab pasti mengapa pagar bisa berkarat. Karat atau korosi biasa terjadi pada pagar yang terbuat dari besi ataupun logam-logam tertentu. Terkena percikan air, guyuran air hujan yang tidak segera kering dapat membuat pagar besi rentan berkarat. Bahkan sinar matahari menyebabkan oksidasi dan terlihat ada lubang pada beberapa bagian pagar. Itulah mengapa pagar terlihat berkarat dan membuat cat cepat mengelupas.

Gunakan air panas untuk persiapan cat ulang

Baiknya pagar yang sudah terkena karat, diniatkan cat ulang saja keseluruhan untuk menghindari belang bentong warna, dan itu membuat tampilan pagar kita tidak sedap dipandang mata.
Caranya mudah, hanya dengan memanaskan air dan tuang pada ember. Gunakan lap dan celupkan lap bersih dan berikan sabun pada permukaan lap basah.
Gosok kembali seluruh pagar besi tempa rumah Anda. Baru sisa air panas dalam ember, lalu siramkan pada seluruh bagian pagar besi. Dan Anda baru dapat mengecat ulang pada keesokan harinya. Persiapkan kuas cat yang tebal dan kuat sesuaikan dengan tekstur pagar besi rumah.
gambar

Mengecat kembali pagar besi Tempa

Pilihlah cat dengan warna hitam, putih, merah, kuning atau biru sebagai warna dasar. Tahapan pengecatan ulang terbilang lama ketika seluruh pagar besi rumah selesai diberikan cat warna dasar, Esok Anda  dapat melanjutkan pengecatan dengan warna yang diinginkan. Mengapa besoknya lagi??? Tujuannya agar cat dapat mengering sempurna.

Barulah Sobat berikan cat tambahan berupa cat besi yang cepat mengering. Cat ulang kembali dengan warna pagar besi rumah yang Sobat inginkan. Campurkan cat menggunakan tiner agar lebih mengkilap dan cepat mengering. Gunakan kembali cat besi untuk lebih memperkuat warna cat pagar besi rumah.
Nah, kalau pagar rumah sudah sangat tidak layak kondisinya, Anda dapat menghubungi kami untuk pengerjaan pagar besi baru ;D
Selain itu mungkin Anda akan pasang canopy atau teralis atau yang laiinnya.

Posted in Besi Tempa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat