Menu Close

Tips Merawat Pagar Besi Rumah, Begini caranya..

Harga Pagar Besi Tempa

Tips merawat pagar besi rumah, cat ulang pagar rumah merupakan solusi terbaik. Pagar adalah unsur terluar dari rumah, seringkali terkena hujan dan sinar matahari langsung, membuat pagar berubah kusam. Kebanyakan didaerah perkotaan di Indonesia pagar yang mengelilingi halaman atau property mereka terbuat dari besi dengan berbagai macam bentuk dan desain.

Pagar besi saat ini sudah banyak tersedia macam modelnya dan dapat mudah dipesan dari tempat pembuatan pagar yang biasanya dikerjakan oleh bengkel las. Namun setelah pagar besi yang terpasang, pemilik rumah lupa atau enggan memperhatikan kondisi pagar rumah tersebut.

Pagar rumah yang terbuat dari bahan logam seperti baja dan besi, memang tidak memerlukan perawatan khusus namun setelah pagar tersebut mencapai usia lebih dari 5 tahun. Biasanya tampilan akan berbeda denggan sebelumnya, sperti cat terlihat kusam, ada karat pada pagar rumah tersebut bahkan tidak jarang ditemukan keropos karena kualitas besi yang tidak bagus dan pengecatan yang tidak sempurna.

Perawatan Pagar Rumah

Untuk melindungi pagar besi rumah tetap diperlukan perawatan, agar pagar rumah tersebut dapat melindungi rumah kita akan gangguan dari luar area rumah kita serta tahan lebih lama dan selalu sedap dipandang. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat pagar rumah yang terbuat dari bahan besi atau baja.

1. Bersihkan Karat Pada Pagar Rumah

Membersihkan Pagar Rumah

Bersihkanlah karat pada pagar rumah menggunakan kain lap bertekstur kasar, karean tekstur lap yang kasar akan lebih memudahkan mengangkat karat pada pagar besi. Sediakan lebih dari satu macam lap agar ketika lap sudah sangat kotor, Anda dapat ganti dengan lap bersih, yang bertektur kasar juga.

2.Hindari Penyebab Karat

Setelah melakukan pembersihan pada pagar besi rumah, biasanya kita akan mengetahui penyebab mengapa pagar besi tersebut dapat berkarat. Karat atau korosi biasa terjadi pada pagar yang terbuat dari besi ataupun logam-logam tertentu. Terkena percikan air, guyuran air hujan yang tidak segera kering dapat membuat pagar besi rentan berkarat. Bahkan sinar matahari menyebabkan oksidasi dan terlihat ada lubang pada beberapa bagian pagar. Maka sebisa mungkin hidarkan pagar besi rumah dari hal-hal yang dapat menimbulkan karat.

3.Cat Ulang Pagar Rumah

Cat ulang pagar rumah adalah solusi terakhir dari merawat pagar besi rumah. Perubahan cuaca, terutama pada saat musim kemarau pada siang hari dengan sinar matahari yang terik bisa membuat cat pada lapisan pagar besi mudah mengelupas. Jika cat pada pagar sudah mengelupas maka besi yang menjadi bahan dasar dari pagar tesebut akan lebih mudah berkarat. berikut ini adalah tips untuk merawat pagar dengan cara mengecat ulang agar pagar rumah atau property tersebut awet dan nampak baru kembali jika dipandang :

  • Bersihkan permukaan pagar besi dari cat lamanya. Hal ini dilakukan agar pengecatan tidak bergelombang.
  • Sebelum melakukan pengecatan, lapisi pagar besi dengan cat dasar. Pilih cat dasar yang tahan alkali, agar cat mudah kering.
  • Campur tinner ke dalam cat secukupnya. Agar cat menutup sempurna, jangan campurkan terlalu banyak tinner.
  • Mulailah mengecat menggunakan kuas. Jika terdapat garis-garis kuas saat mengecat, ganti kuas dengan yang baru. Dan cat ulang bagian yang bergaris-garis tadi.
  • Bila lapisan cat mengalir ke bawah, hentikan dulu pengecatan. Tunggu hingga cat yang mengalir tadi kering.
  • Setelah itu amplas hingga permukaan kembali rata. Kemudian lakukan kembali pengecatan.
Posted in TIPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat