Menu Close

Jenis Jenis dan Model Jendela Aluminium Minimalis Terbaru

images28429 1

Material aluminium sudah dikenal luas di masyarakat, dan banyak peralatan di sekitar kita yang memakai material aluminium sebagai bahan dasarnya.

Beberapa produk yang pakai bahan aluminium contohnya adalah peralatan dapur, peralatan kerja, furniture dan juga bahan bangunan.

Salah satu produk aluminium yang sering dipakai di bidang bangunan dan infrastruktur adalah kusen jendela aluminium.

Kelebihan jendela aluminium ini sudah teruji dan terbukti, berikut ini beberapa kelebihan jendela aluminium : tidak mudah keropos, anti rayap, kedap suara, tahan cuaca, banyak model dan pengerjaannya jauh lebih cepat dibandingkan bahan kayu.

Untuk bangunan di era modern seperti gedung, perkantoran, ruko, villa dan rumah mewah saat ini mulai beralih dari kusen kayu ke kusen aluminium.

Sebab bahan kayu selain sulit didapatkan, bahan kayu juga tidak tahan cuaca dan tidak tahan terhadap rayap.

Jika Anda tertarik untuk memakai kusen pintu dan jendela aluminium mungkin anda perlu mengetahui beberapa model yang sering dipakai tertutama di Indonesia.

Jenis dan Model Jendela Aluminium

Berikut jenis-jenis jendela aluminium:

1. Jendela Sliding Aluminium

Jendela Sliding
Jendela Sliding

Jendela model ini dioperasikan dengan cara digeser secara horizontal dengan menggunakan rel pada bagian bawah dan atas kusen. Model jendela aluminium ini terdiri atas dua daun jendela atau bisa juga tiga dan empat daun jendela. Jendela sliding merupakan model yang praktis dengan tetap memberikan kesan elegan terhadap rumah.

2. Jendela Pivot Aluminium

jendela pivot
jendela pivot

Model jendela ini merupakan tipe dimana daun jendelanya dapat berputar 90 derajat baik secara horizontal atau vertikal. Poros atau sumbu putar model jendela aluminium ini biasanya tepat di setengah bukaan di tengah atau di sepertiga bukaan.

3. Jendela Jalusi Aluminium

Jendela Jalusi
Jendela Jalusi

Model jendela Aluminium ini memiliki pelat-pelat panjang horizontal yang disusun secara rapat. Modelnya lebih mengutamakan aliran udara yang masuk ketimbang cahaya, jendela jenis ini cocok bagi anda yang menginginkan privasi.

4. Jendela Kaca Mati Aluminium

Jendela ini merupakan jenis jendela mati yang tidak memiliki ventilasi. Fungsi dari model jendela aluminium jenis ini lebih kepada pencahayaan ruangan dibandingkan dengan aliran udara.

5. Jendela Casement Aluminium

Casement Window atau Jendela Casement terbagi pada dua model yaitu buka samping dan jungkit. Untuk model jungkit posisi engsel casement bisa di bawah atau di atas. Model jendela aluminium casement ini banyak diminati karena fleksibel, anda bisa membuka daun jendela selebar yang diinginkan dan jendela otomatis akan tertahan.

6. Folding Aluminium

Folding window merupakan jendela yang dioprasikan dengan cara digeser agar jendela terbuka. Ini sama caranya sama seperti Sliding window, akan tetapi folding window ini memiliki rangkainan jendela yang menyatu sehinga ketika dibuka jendelanya bergeser menjadi satu.

Posted in TIPS